HUBUNGAN ANTROPOLOGI SOSIAL DAN SOSIOLOGI DALAM KAJIAN MASYARAKAT MODERN

Dosen pengampu : Serepina Tiur Maida S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC


Halo balik lg bersama saya deria. Kali ini saya mau mendeskripsikan singkat terkait hubungan antropologi sosial dan sosiologi dalam kajian masyarakat modern. Yuk simak!



Antropologi Sosial dan Sosiologi merupakan dua disiplin ilmu kemanusiaan yang saling terkait dan memiliki banyak kesamaan dalam bidang kajian mereka, terutama dalam kajian masyarakat modern. Keduanya mempelajari kehidupan sosial manusia, baik dalam aspek fisik maupun sosial-budaya, dan berupaya untuk memahami kompleksitas manusia dan dunia yang kompleks ini.

Dalam kajian masyarakat modern, hubungan Antropologi Sosial dan Sosiologi menjadi semakin penting. Kajian Antropologi Sosial yang luas dan universal dapat membantu Sosiologi dalam memahami fenomena sosial yang terjadi di berbagai masyarakat dan budaya modern. Sementara itu, Sosiologi yang lebih menitikberatkan pada interaksi sosial dan kehidupan masyarakat modern, dapat membantu Antropologi Sosial dalam memahami dinamika kehidupan sosial manusia pada era modern.





Perkembangan teknologi dan globalisasi telah mengubah cara hidup manusia secara signifikan, yang memengaruhi masyarakat modern. Dalam hal ini, Antropologi Sosial dan Sosiologi dapat membantu memahami dampak dari perubahan ini pada kehidupan sosial manusia. Misalnya, perubahan dalam struktur keluarga dan peran gender, pengaruh media sosial dalam pembentukan opini dan perilaku, serta transformasi budaya dalam era digital.

Melalui penggabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, Antropologi Sosial dan Sosiologi dapat membantu mengungkap keunikan dan kompleksitas kehidupan sosial manusia pada era modern. Terlebih lagi, hubungan yang erat antara keduanya memungkinkan untuk melakukan kajian yang lebih terintegrasi, yang dapat membantu memahami masalah sosial secara holistik dan memberikan solusi yang lebih baik dalam masyarakat modern. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus mengembangkan hubungan antara Antropologi Sosial dan Sosiologi dalam kajian masyarakat modern, untuk meningkatkan pemahaman kita tentang kehidupan sosial manusia dan menemukan solusi yang lebih baik dalam era yang terus berkembang ini.



Sumber : 
- Materi presentasi kelompok 1 matkul antropologi
- wikipedia.org

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika dan Pengembangan Kepribadian: Kunci Sukses dalam Meningkatkan Kualitas Kerja

ANTHROPOLOGY WRITING

APA YANG MENENTUKAN KEPRIBADIAAN SESEORANG?